Cara Membuat Ukuran Kertas F4 Sendiri di Microsoft Excel dan Word

21 comments
Jendela Notebook - Cara membuat dan menambah ukuran kertas f4 sendiri di microsoft excel dan word untuk windows 7, windows 8, windows 10 atau ukuran lainnya
Ukuran Kertas F4 adalah salah satu ukuran kertas yang sering kali digunakan dalam dunia administrasi selain ukuran kertas A4. Namun sayang, ukuran kertas F4 tidak tersedia pada menu page setup microsoft word maupun microsoft excel. Hal ini cukup memakan waktu tenaga administrasi atau tata usaha juga operator jika di dunia administrasi sekolah atau madrasah. Karena mereka harus merubah ukuran kertas dan atau mengatur ukuran kertas F4 secara manual setiap kali hendak membuat dokumen dengan kertas ukuran F4.

Pada Microsoft Word, kita masih dapat mengatur ukuran kertas secara manual, namun tidak pada Microsoft Excel. Jika kita hendak menggunakan ukuran kertas F4, kita dapat menggunakan ukuran kertas lainnya, namun cukup sulit karena kita harus mengatur jarak tepi atau margin yang sesuai agar hasil print tidak terlalu lebar atau berlebih pada ukuran kertas F4.

Baca juga: Cara Install Keyboard Bahasa Arab di WIndows 10, 8, dan 7

Hal tersebut tidak akan dialami lagi oleh mereka jika mereka sudah membuat sekaligus menambahkan ukuran kertas F4 atau ukuran kertas lainnya di dalam komputer atau laptopnya. Dengan begitu, maka ukuran kertas F4 atau ukuran kertas lainnya akan terbuat dan tertambahkan secara otomatis ke dalam Microsoft Excel dan Microsoft Word.

Untuk mengatasi permasalahan tersebut, kami persembahkan tutorial sederhana untuk membuat kemudian menambahkan ukuran kertas F4 atau ukuran lainnya di Microsoft Word dan Microsoft Excel khususnya. Silakan simak pembahasan berikut!

Masuk Menu Control Panel

Cara mudah dan cepat masuk menu control bisa dengan cara menggunakan menu pencarian. 1). Ketik "Control Panel", 2). tekan tombol ENTER atau klik dua kali. Perhatikan gambar di bawah ini!

Cara Menambah Ukuran Kertas F4 di Microsoft Excel dan Word


Masuk Menu Properties Printer

Setelah masuk CONTROL PANEL, klik VIEW DEVICES AND PRINTERS pada bagian Hardware and Sound. Perhatikan gambar di bawah ini!

Cara Membuat Ukuran Kertas F4 di Microsoft Excel

1). Kemudian klik Icon Gambar Printer bernama MICROSOFT XPS DOCUMENT WRITER, 2). lalu klik menu PRINT SERVER PROPERTIES di bagian atas. Perhatikan gambar berikut!

Cara Membuat Ukuran Kertas Lain di Microsoft Word Excel

Membuat dan Menambah Ukuran Kertas F4 di Microsoft Excel dan Word

Setelah kotal dialog Print Server Propesties terbuka, langsung saja 1). CEKLIST CREATE A NEW FROM; 2). isi FORM NAME sesuai dengan nama kertas yang ingin dibuat, misal: F4; 3). isi ukuran kertas yang akan dibuat pada menu PAPER SIZE, misal: width 21,50cm untuk 215mm dan height 33cm untuk 330mm. Perhatikan gambar di bawah ini!

Cara Menambah Ukuran Kertas Lain di Microsoft Excel Word


Sedangkan untuk menambahkan ukuran kertas F4 yang telah dibuat sebagaimana dijelaskan di atas adalah dengan cara melakukan tahap ke-empat, yaitu klik tombol SAVE FORM. Selesai, silakan klik saja tombol CLOSE dan tutup semua kotak dialog yang sebelumnya dibuka termasuk control panel (jika perlu).

Restart Microsoft Word dan/atau Microsoft Excel untuk melihat perubahan, apakah Ukuran Kertas F4 yang dibuat telah masuk ke dalam menu daftar ukuran kertas atau belum. Berikut adalah screenshoot hasil penambahan ukuran kertas F4 di microsfot excel dan word notebook saya.


Membuat Menambah Ukuran Kertas F4 di Microsoft Excel

Kelemahan Penambahan Ukuran Kertas Ini

Tanpa panjang lebar, kelemahan penambahan ukuran kertas F4 dengan cara ini adalah hasil cetak akan berantakan apabila printing atau proses cetak menggunakan komputer atau laptop lain. Kecuali laptop lain tersebut telah mengkonfigurasi atau mengatur dan menambahkan Ukuran Kertas F4 sebagaimana pada komputer kita.

Demikian yang bisa kami sampaikan melalui tutorial sederhana tentang cara membuat dan menambah ukuran kertas F4 sendiri di Miscrosoft Excel dan Microsoft Word baik itu di windows 10, windows 8, dan windows 7.

Related Posts: Cara Membuat Ukuran Kertas F4 Sendiri di Microsoft Excel dan Word

21 comments: Cara Membuat Ukuran Kertas F4 Sendiri di Microsoft Excel dan Word

Popular Posts